Tips Cara Menjadi Pengisi Suara atau Dubber Yang Baik

Profesi sebagai Dubber mungkin masih terlihat asing bagi kebanyakan orang. Tapi melihat semakin banyaknya film-film produksi luar yang masuk ke Indonesia seperti anime, serial drama dan film dokumenter, membuat profesi dubber memiliki prospek yang menjanjikan. Selain itu perkembangan Industri film animasi di Indonesia semakin terus berkembang bahkan mengalami kebangkitan. Meski terlihat sepele, menjadi seorang dubber tentunya memerlukan keahlian tertentu.

Penguasaan karakter, bakal mempermudah pekerjaan seorang dubber. Nggak heran jika dubber profesional mampu mendalami minimal 10 karakter suara. Jadi, bisa saja karakter anak kecil pada film atau kartun diisi dubber yang berumur dewasa.

Nah, apa bedanya dubbing dengan voice-over? Keduanya sama-sama merupakan pengisian suara, tapi voice-over lebih digunakan untuk iklan, newsreader, dan tayangan pada channel TV.
Biasanya, profesi sebagai voice-over lebih banyak ditemukan di industri pertelevisian.
Misalnya, untuk mengisi video dokumenter dan liputan dari National Geographic atau Discovery Channel. Jadi udah tahu bedanya kan? Kamu lebih tertarik menjadi dubber atau voice-over nih?

Berikut Tips Menjadi Seorang Pengisi Suara atau Dubber Profesional :

1. Niat yang Serius
Semua sesuatu emang harus diawali oleh niat yang serius. Andai niat kamu cuma iseng menjadi dubber, mungkin hasilnya nanti tak akan sebagus dubber-dubber yang telah sering mengisi suara tokoh kartun di TV. Jadi mulai niatkan lah dari dalam hati kamu untuk menjadi seorang dubber.

2. Berlatih Membaca dengan Intonasi yang Berbeda
Modal utama seorang dubber adalah suara. Makanya ketika kamu ingin menjadi seorang dubber, mulai lah melatih suara kamu. Misalnya membaca dengan intonasi yang berbeda-beda. Dari situ bakal ketauan warna suara kamu seperti apa. Selain intonasi, kamu juga perlu melatih artikulasi suara yang dikeluarkan sehingga terdengar jelas, tidak seperti orang yang sedang kumur-kumur.

3. Berlatih Olah Rasa dan Mengenal Karakter
Gak hanya suara, kamu juga dituntun untuk peka agar bisa menghayati peran yang dimainkan. Latihan olah rasa sendiri bisa seperti Konsentrasi yaitu fokus untuk mengarahkan semua kekuatan rohani dan pikiran ke arah suatu sasaran atau berimajinasi untuk menyelami karakter yang sedang dimainkan agar emosi-emosi bisa dikeluarkan secara sempurna.

4. Berlatih Dengan Gerakan Facial 

Penting bagi seorang dubber karena akan membuat tubuh menjadi rileks ketika melakukan dubbing. Olah tubuh sendiri bisa dilakukan dengan menggerakan kepala kenan dan ke kiri lalu meregangkan lengan dan lain-lain. Lalu bisa juga melakukan senam mulut seperti meliuk-liukan bibir, menjulurkan lidah dan bersiul.Selain kemampuan menguasai ekspresi wajah karakter sangat berpengaruh terhadap kualitas suara yg dihasilkan.
Sedikit belajar tentang seni peran agar kita bisa menghayati peran karakter yg kita isi suaranya.



5.Berkunjung ke Studio Untuk Melihat Proses Dubbing
Selain berlatih sendiri, ada baiknya kamu juga datang ke studio untuk melihat proses dubbing itu sendiri. Dengan melihat prosesnya, setidaknya wawasan kamu akan dunia dubbing pun akan bertambah dan kamu pun tau hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan jika nantinya kamu disuruh untuk melakukan dubbing. Siapa tau ketika kamu dateng ke studionya, kamu malah diajak untuk casting untuk mengisi suara salah satu karakter kartun.
Tetapi sejak ada Youtube , kita bisa belajar video dari studio film ternama seperti Pixar, Dreamwork atau Upin Ipin.

6. Bergabung dengan Komunitas Dubbing

Nah jika kamu merasa latihan sendiri kurang cukup, kamu bisa gabung ke berbagai komunitas dubbing yang ada di Indonesia. Di situ kamu akan bertemu teman-teman baru yang sama-sama menekuni dunia dubbing. Dengan gabung di komunitas juga, kamu akan lebih tau kelebihan dan kekurangan dalam diri kamu karena sering berlatih bersama. 
Terlebih jika komunitasnya sangat aktif, maka ada kesempatan kamu untuk ikut event-event dubbing yang diadakan.


Anda tertarik menjadi pengisi suara karakter di film animasi produksi kami.
Kirimkan biodata anda ke kami disertai contoh vokal . ( Domisili di Surabaya )
Pengisi Suara anak - anak, remaja dan dewasa  ( Pria dan Wanita ).
DNS Studio Animasi
Email : deltaniagaku@gmail.com